Senin, 11 Mei 2015

Manusia dan Penderitaan

Nama                    : Abraham F. S
NPM                     : 10314083
Kelas                    : 1TA02
Matkul                 : Ilmu Budaya Dasar


Manusia dan Penderitaan
                Dalam kehidupan menjalani kehidupannya sehari hari, manusia pasti akan merasakan suatu kebahagiaan ataupun penderitaan. Tidak mungkin hidup manusia atau seseorang akan bahagia terus, tentu akan merasakan juga yang namanya penderitaan.

Pengertian Penderitaan
Penderitaan adalah menanggung atau menjalani sesuatu yang sangat tidak menyenangkan yang dapat di rasakan oleh manusia. Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan baik secara fisik maupun batin.
Penderitaan juga termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Namun, peranan individu juga menentukan berat tidaknya suatu intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang di anggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan suatu penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagian.
Memang harus diakui, di antara kita dan dalam masyarakat masih terdapat banyak orang yang sungguh-sungguh berkehendak baik, yaitu manusia yang merasa prihatin atas aneka tindakan kejam yang ditujukan kepada sesama manusia yang tidak saja prihatin, melainkan berperan serta mengurangi penderitaan sesamanya, bahkan juga berusaha untuk mencegah penderitaan atau paling tidak menguranginya, serta manusia yang berusaha keras tanpa pamrih untuk melindungi, memelihara dan mengembangkan lingkungan alam ciptaan secara berkelanjutan. Ada keinginan alamiah manusia untuk menghindari penderitaan. Tetapi justru penderitaan itu merupakan bagian yang terkandung di dalam kemanusiaannya.

Akibat Penderitaan
Akibat penderitaan yang bermacam-macam. Ada yang mendapat hikmah besar dari suatu penderitaan, ada pula yang menyebabkan kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat.


                Dalam menyikapi penderitaan dalam kehidupan, manusia harus bisa berpikir positif tentang penderitaan yang dialami. Manusia harus bisa intropeksi diri tentang penderitaan yang dialami itu terjadi karena apa dan harus bisa mengatasi atau mencari solusinya agar penderitaan tersebut tidak berulang, selain itu kadang penderitaan bersifat membangun karakter manusia menjadi lebih kuat dan tidak mudah menyerah dalam mengerjar sesuatu atau bisa dikatakan penderitaan yang didapat dijadikan acuan atau pembelajaran untuk lebih baik lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar