Senin, 09 Maret 2015

Ilmu Budaya Dasar "Masyarakat Berbudaya"



ILMU BUDAYA DASAR
Masyarakat Berbudaya”

Nama  : Abraham Franklin Senduk
NPM    : 10314083
Kelas   : 1TA02
Matkul: Ilmu Budaya Dasar


            Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu mata kuliah yang membahas mengenai nilai- nilai, budaya, dan berbagai macam masalah yang terjadi manusia di dalam kehidupan bermasyarakat sehari- hari. Dengan adanya Ilmu Budaya Dasar, kita sebagai mahasiswa harus dapat berpikiran dengan luas dalam artian tidak berpikiran sempit atau satu arah terhadap budaya- budaya yang ada, khususnya budaya yang ada di Indonesia. Terlebih dalam bidang pendidikan, Ilmu Budaya Dasar sangat berperan penting dalam perkembangan kemajuan pendidikan di Indonesia, diharapkan kita sebagai mahasiswa dengan mahasiswa lain dari berbagai latar belakang bidang keahlian yang berbeda memiliki suatu kesamaan atau suatu pegangan keyakinan yang sama yang dapat diperoleh dengan adanya mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yang memberikan dampak positif bagi pembangunan negara kita dan perkembangan pendidikan yang ada.


            Pengertian  Kebudayaan dalam Ilmu Budaya Dasar memiliki banyak arti yang luas. Secara umum Kebudayaan merupakan sesutu yang bisa mempengaruhi tingkat pengetahuan, gagasan, pikiran manusia yang berpengaruh terhadap kehidupan sehari- hari dan kebudayaan itu bersifat abstrak.

-Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
-Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
-Menurut Selo Soemardjan, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.


            Dengan adanya Ilmu Budaya Dasar, kita sebagai mahasiswa diharapkan agar memiki pengetahuan dasar serta pengetahuan umum tentang konsep- konsep tentang kebudayaan untuk dapat mengkaji atau mengatasi masalah- masalah yang berkaitan dengan manusia dan kebudayaan sehari hari. Selain itu kepribadian kita sebagai manusia dapat terbentuk dan pengetahuan kita lebih luas, dan kita tidak hanya berpikiran mengenai diri kita sendiri tetapi kita lebih peka terhadap keadaan disekitar kita, sehingga kita dapat beradaptasi dengan lingkungan atau budaya sekitar, Kuncinya dengan berkomunikasi dan tidak menutup diri dan lebih peduli terhadap budaya disekitar kita. Agar semua itu terwujud, kita sebagai mahasiswa yang mengerti akan Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat:
            - meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan budaya sehingga dapat menyesuaikan
              diri atau beradaptasi dengan baik
            - memperluas wawasan mahasiswa agar tidak berpikir sempit atau satu arah terhadap
               budaya yang ada di lingkungan sekitar maupun budaya yang ada di Indonesia
            - mampu berkomunikasi dengan baik sebagai mahasiswa dengan mahasiswa lain atau
               dengan masyarakat luas yang berlatar belakang budaya yang berbeda- beda sehingga
               mampu memahami keberagaman budaya lain(sikap toleransi)


            Ilmu Budaya Dasar memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan khususnya kita sebagai mahasiswa. Mengapa penting, dikarenakan Ilmu Budaya Dasar merupakan ilmu yang mengkaji permasalahan- permasalahan yang ada di dalam kehidupan manusia bermasyarakat yang di dalamnya terkandung nilai- nilai budaya dimana kita sebagai mahasiswa harus dapat mengambil sikap serta tindakan dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

Daftar Pustaka:         -
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
                                    -
http://aliemscorporation.blogspot.com/2013/04/ringkasan-
                                     
materi-ilmu-budaya-dasar.html
                                    -
MP.SUYADI,Drs; ILMU BUDAYA DASAR; MODUL UT; PT
                                      
KARUNIKA, JAKARTA,1990.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar