Senin, 16 Maret 2015

Hakikat Manusia " Peran Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial "



Nama      : Abraham Franklin Senduk
NPM        : 10314083
Kelas       : 1TA02
Matkukul: Ilmu Budaya Dasar

Hakikat Manusia
“Peran Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial”
                Manusia merupakan individu ciptaan Tuhan yang memiliki akal budi dan perasaan. Pada hakekatnya manusia adalah makhluk individu dan sosial. Dimana dengan akal dan perasaannya manusia dapat bertindak untuk diri sendiri (individu) atau untuk sosial (dalam bermasyarakat). Maka dari itu bisa dikatakan bahwa manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna.
                Dalam individu atau pribadi masing- masing manusia, manusia dapat membedakana tentang apa yang baik dan apa yang buruk bagi dirinya sendiri. Itu karena dibekali oleh akal pikiran. Lewat akal pikiran itulah membuat manusia dapat berperan serta berpikir untuk kemajuan dirinya dengan berpatokan pada aturan aturan tentang yang baik dan yang buruk. Dan sangat berkaitan erat dengan norma atau nilai- nilai yang ada di dalam masyarakat atau suatu budaya. Berawal dari pemikiran individu tersebut, manusia dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat sekitar atau lingkungan, itu mengapa manusia dapat dikatakan juga sebgaai makhluk sosial.
                Makhluk sosial mempunyai arti yang luas, salah satunya adalah bahwa manusia merupakan makhluk sosial adalah manusia tidak dapat hidup dengan hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri (individu) tetapi manusia sangat membutuhkan peran serta atau bantuan dari sesame manusia lainnya. Jika hubungan saling bantu terjadi, itu telah terjadi interaksi sosial. Contoh bahwa manusia makhluk sosial adalah ketika kita mengalami suatu musibah seperti kecelakaan kendaraan yang parah, tidak mungkin kita bisa mengatasi kecelakaan itu sendiri, tentu orang-orang disekitar lokasi akan langsung membantu dan menolong kita. Mereka langsung menolong karena mereka memiliki akal dan perasaan.
                Dalam hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial tentu ada peran dan kedudukan tersendiri. Seperti faktor pendidikan ataupun kaya dan miskinnya seseorang, faktor ini menjadi penting karena melatarbelakangi hakikat manusia yang ada. Orang yang berpendidikan tinggi akan lebih dipandang baik disbanding orang yang berpendidikan rendah hanya dipandang sebelah mata. Sama halnya dengan kaya atau miskinnya seseorang akan sangat mempengaruhi pandangan lingkungan atau masyarakat sekitar menegenai kedudukan sosialnya.
                Karena kita adalah manusia yang memiliki akal dan perasaan, sudah seharusnya kita dapat bersikap serta berperan layaknya manusia sebagai individu maupun sosial. Dan kita jangan beranggapan bahwa kita dapat hidup sendiri karena pada dasarnya kita sangat memerlukan bantuan manusia atau orang lain karena manusia adalah makhluk sosial.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar