Senin, 13 April 2015

Cinta Kasih (Cinta Kasih Manusia)

Nama                    : Abraham F. S
NPM                     : 10314083
Kelas                    : 1TA02
Matkul                 : Ilmu Budaya Dasar

Cinta Kasih
(Cinta Kasih Manusia)

                Cinta kasih sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Karena manusia memiliki perasaan, tentunya manusi juga dapat merasakan cinta kasih. Secara umum cinta kasih dapet diartikan sebagai suatu rasa sangat menyukai atau menyayangi seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cinta adalah Rasa sangat suka ( kepada ) atau rasa sayang ( kepada ).  Ataupun rasa sangat  kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata Kasih artinya perasaan sayang atau cinta ( kepada ) atau menaruh belas kasihan. Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir sama, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalam rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya. Dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.

Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusai, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab.

Pengertian tentang cinta dikemukakan juga oleh Dr Sarlito W. Sarwono dikatakan bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu:

Keterikatan
Adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dirinya. Contoh rasa cinta yang ada pada bayi yang mana bayi tersebut memiliki rasa keterkaitan dan ketergantngan kepada orang tuanya  dan begitu juga sebaliknya orang tua bayi tersebut tidak akan pergi tanpa membawa bayinya. Orang tersebut memiliki suatu hubungan yang sudah mengikat mereka dalam cinta. 

Keintiman
Adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.

Kemesraan
Adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu jika jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.
Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk yang berperasaan. Cinta kasih itu merupakan salah satu bentuk perasaan yang manusia tunjukan. Sesama manusia hendaklah saling mengasihi dan mencintai walupun dilatarbelakangi banyaknya perbedaan, tetapi perbedaan itu bukanlah penghalang untuk menunjukan cinta dan kasih kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar