Senin, 29 Juni 2015

“Pendapat Setelah Mempelajari Ilmu Budaya Dasar”

Nama                    : Abraham F. S
NPM                      : 10314083
Kelas                     : 1TA02
Matkul                  : Ilmu Budaya Dasar


“Pendapat Setelah Mempelajari Ilmu Budaya Dasar”

                Pada dasarnya, Ilmu Budaya Dasar merupakan mata kuliah adalah yang menbicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Setelah mempelajari mata kuliah ini, banyak hal yang saya peroleh. Hal yang saya dapat saya jadikan acuan atau pedoman dalam menjalani kehidupan sehari- hari terlepas sebagai anak di keluarga dan mahasiswa di lingkungan perkuliahan. Sebagai  mahasiswa, saya belajar Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain, alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri, selain itu Ilmu Budaya Dasar juga mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru terutama untuk kepentingan profesi mereka, serta mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.


                Bisa saya simpulkan bahwa mempelajari Ilmu Budaya Dasar membawa dampak perubahan yang positif bagi pribadi saya sendiri. Seperti saya jadi bisa lebih berpikir kritis dan lebih peka. Kritis dalam arti disini adalah saya sebagai mahasiswa dalam menghadapi perubahan zaman atau modernsasi tidak hanya gampang menerima perubahan atau sesuatu yang baru dengan begitu saja, tapi saya harus bisa menelaah atau berpikir apakah perubahan tersebut banyak memiliki manfaat yang positif atau malah sebaliknya yaitu merugikan. Selain itu, saya juga belajar dengan yang namanya adaptasi. Ilmu Budaya Dasar tentu cakupannya adalah budaya, dan budaya itu sendiri sangatlah beragam. Maka dari itu saya sebagai mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan segala kondisi lingkungan apapun dengan berpedoman dengan budaya atau norma yang sudah ada, sehingga nantinya keberlangsungan hidup bermasyarakat dapat berjalan dengan baik.

Senin, 22 Juni 2015

"Harapan dan Tanggung Jawab yang Baik"

Nama                    : Abraham F. S
NPM                      : 10314083
Kelas                     : 1TA02
Matkul                  : Ilmu Budaya Dasar


“Harapan dan Tanggung Jawab”

                Dalam menjalankan kehidupan pribadi sehari – hari di dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya kita manusia memiliki suatu harapan yang dipegang dan suatu tanggung jawab yang harus dilakukan.
Harapan adalah, bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan dating. Sedangkan tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang  disengaja maupun yang tidak di sengaja.

Keluarga
Dalam keluarga, tentunya sebagai pribadi saya memili harapan yang besar untuk menjadikan keluarga ini menjadi keluarga bahagia, sejahtera dan berkecukupan secara jasmani dan rohani. Maka dari itu sebagai anak, saya bertanggung jawab untuk membahagiakan dan membanggakan kedua orangtua saya dengan belajar giat sehingga nantinya dapat meraih sukses.

Masyarakat
Dalam masyarakat,tentunya dilatarbelakangi dengan beragam suku, budaya dan agama. Ssebagai pribadi, saya mempunyai harapan keberlangsungan kehidupan bermasyarakat di lingkungan sekitar saya tinggal dapat berjalan dengan aman, baik dan damai. Maka dari itu, tanggung jawab secara pribadi adalah dengan lebih mengembangkan sikap toleransi, kepedulian antar sesame dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan agar nantinya harapan yang kita inginkan dapat terlaksana lewat tanggung jawab yang kita lakukan.

Diri Sendiri
Untuk diri sendiri, tentunya banyak harapan baik yang diinginkan untuk bisa dicapai. Secara pribadi, saya mempunyai harapan untuk menempuh pendidikan dengan baik, kemudian mendapat pekerjaan yang baik, berumah tangga serta membahagiakan orang tua, itu merupakan target utama harapan saya. Maka dari itu yanggung jawab yang saya pegang secara pribadi sangatlah berat. Harus benar – benar saya pertanggung jawabkan dengan sangat sungguh – sungguh seperti saya harus menyelesaikan studi saya dengan baik, mendapat pekerjaan yang dan setelah itu barulah saya dapat menempuh harapan yang saya ingin lewat hasil kerja keras dan tanggung jawab yang dipegang.



Senin, 15 Juni 2015

Pandangan Hidup yang Baik

Nama                    : Abraham F. S
NPM                      : 10314083
Kelas                     : 1TA02
Matkul                  : Ilmu Budaya Dasar


“Pandangan Hidup yang Baik”

Setiap manusia di dunia ini tentu mempunyai pandangan hidupnya masing-masing yang perlu dipersiapkan secara rinci sejak dini agar dapat terlaksana sesuai dengan harapan pada waktu yang tepat. Pandangan hidup sendiri bersifat kodrati, yang telah diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia. Adapun pengertian pandangan hidup itu adalah pendapat  ataupun pertimbangan yang dijadikan sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petujuk hidup di dunia agar dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi dengan adanya pandangan hidup tersebut. Pendapat atau pertimbangan di sini merupakan hasil pemikiran manusia itu sendiri yang berdasarkan pengalaman hidup atau sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.

                Dalam menjalankan pandangan hidupnya, manusia harus berpikir dengan matang dan tepat dalam mengambil keputusan mengenai apa yang akan dijadikan pedoman atau acuan dalam melaksanakan kehidupannya. Bisa dikatakan pandangan hidup itu merupakan prinsip bagi manusia itu sendiri, tidak terikat dengan siapa pun, melainkan terikat dengan janji pribadi yang harus ditepati atau dipenuhi oleh diri sendiri. JIka tidak dapat melaksanakan atau memenuhi sesuai pandangan yang telah ditetapkan, bisa disimpulakn bahwa manusia atau pribadi tersebut telah gagal dalam menjalankan pandangan hidupnya sendiri yang akibatnya kelangsungan hidup pribadi tersebut tidak sesuai dengan aturan yang ada atau perilakunya telah menyimpang.

                Bagi saya pribadi, pandangan hidup itu sangant perlu dilaksanakan dengan baik. Bukan hanya sekedar berpedoman di awal tapi tidak dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaannya. Sebagai contoh, saya berpandangan hidup atau berpedoman berdasarkan nilai agama atau kepercayaan yang saya anut dan yakini. Menurut saya pedoman yang berdasarkan agama itu kebenarannya mutlak. Lewat ajaran agama saya tahu mana yang baik dan buruk, sehingga saat saya menjadikan nilai agama sebagai pandangan hidup, saya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar sesuai dengan apa yang saya yakini dalam agama saya.


Dalam penerapannya, langkah langkah untuk berpandangan hidup yang baik perlu untuk diperhatikan. Pertama adalah kenali atau pahami kelebihan dan kelemahan pribadi diri sendiri. Kemudian belajarlah dari pengalaman yang sudah sudah baik pengalaman yang baik maupun buruk. Setelah kita tahu pribadi seperti apa kita ini, baru kita bisa menentukan pandangan atau pedoman hidup baik yang  seperti apa  untuk diri kita. Dan pada intinya pandangan hidup yang baik merupakan kunci bagi manusia dalam menjalani kehidupan agar tidak mudah terbawa arus yang buruk.