Senin, 15 Juni 2015

Pandangan Hidup yang Baik

Nama                    : Abraham F. S
NPM                      : 10314083
Kelas                     : 1TA02
Matkul                  : Ilmu Budaya Dasar


“Pandangan Hidup yang Baik”

Setiap manusia di dunia ini tentu mempunyai pandangan hidupnya masing-masing yang perlu dipersiapkan secara rinci sejak dini agar dapat terlaksana sesuai dengan harapan pada waktu yang tepat. Pandangan hidup sendiri bersifat kodrati, yang telah diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia. Adapun pengertian pandangan hidup itu adalah pendapat  ataupun pertimbangan yang dijadikan sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petujuk hidup di dunia agar dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi dengan adanya pandangan hidup tersebut. Pendapat atau pertimbangan di sini merupakan hasil pemikiran manusia itu sendiri yang berdasarkan pengalaman hidup atau sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.

                Dalam menjalankan pandangan hidupnya, manusia harus berpikir dengan matang dan tepat dalam mengambil keputusan mengenai apa yang akan dijadikan pedoman atau acuan dalam melaksanakan kehidupannya. Bisa dikatakan pandangan hidup itu merupakan prinsip bagi manusia itu sendiri, tidak terikat dengan siapa pun, melainkan terikat dengan janji pribadi yang harus ditepati atau dipenuhi oleh diri sendiri. JIka tidak dapat melaksanakan atau memenuhi sesuai pandangan yang telah ditetapkan, bisa disimpulakn bahwa manusia atau pribadi tersebut telah gagal dalam menjalankan pandangan hidupnya sendiri yang akibatnya kelangsungan hidup pribadi tersebut tidak sesuai dengan aturan yang ada atau perilakunya telah menyimpang.

                Bagi saya pribadi, pandangan hidup itu sangant perlu dilaksanakan dengan baik. Bukan hanya sekedar berpedoman di awal tapi tidak dapat bertanggung jawab dalam pelaksanaannya. Sebagai contoh, saya berpandangan hidup atau berpedoman berdasarkan nilai agama atau kepercayaan yang saya anut dan yakini. Menurut saya pedoman yang berdasarkan agama itu kebenarannya mutlak. Lewat ajaran agama saya tahu mana yang baik dan buruk, sehingga saat saya menjadikan nilai agama sebagai pandangan hidup, saya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar sesuai dengan apa yang saya yakini dalam agama saya.


Dalam penerapannya, langkah langkah untuk berpandangan hidup yang baik perlu untuk diperhatikan. Pertama adalah kenali atau pahami kelebihan dan kelemahan pribadi diri sendiri. Kemudian belajarlah dari pengalaman yang sudah sudah baik pengalaman yang baik maupun buruk. Setelah kita tahu pribadi seperti apa kita ini, baru kita bisa menentukan pandangan atau pedoman hidup baik yang  seperti apa  untuk diri kita. Dan pada intinya pandangan hidup yang baik merupakan kunci bagi manusia dalam menjalani kehidupan agar tidak mudah terbawa arus yang buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar